Header Ads

kodim 0422 lampung barat

Tingkatkan Kualitas Tanam Padi Babinsa Hadiri Rapat Persiapan Tanam Padi Bersama Forkopimda Lambar








Kodim 0422/LB (Lampung Barat) - Kasdim  0422/LB,Mayor Inf Agus Susanto. S.E., menghadiri  undangan Temu Lapang dalam rangka persiapan tanam padi musim tanam gadu 2019, di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Rabu (31/7/2019).

Ikut menghadiri pada kegiatan tersebut, Bupati Lambar H. Parosil Mabsus, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lambar, Camat Balik-Bukit, Camat Sukau, Camat Lumbok Seminung, Peratin se- Kecamatan Sukau, Babinsa Koramil 422-04/ Balik-Bukit, Serma Zamal Azikin dan Koptu I'in Kanidi, Babinsa Kecamatan Sukau, Babinkamtibmas, Perwakilan kelompok Tani se-Lambar, dan masyarakat kurang lebih 200 orang.

Pada kesempatan tersebut Bupati Lambar, H. Parosil Mabsus, S.Pd., menyerahkan bantuan Handtraktor, cultivator, pompa air, mesin jahit karung, kompos, benih padi, benih cabe, bawang putih, bawang merah, alat masak kepada beberapa kelompok tani dari seluruh Lambar.

Bupati mengharapkan, dengan adanya bantuan yang disalurkan oleh Pemkab Lambar dapat meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di Lampung Barat.

“Mari  kita bersama sama mewujudkan Lampung Barat Hebat dan sejahtera dengan bersama menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Lampung Barat," ungkapnya.

Parosil menyampaikan, berdasarkan visi untuk terwujudnya Lampung Barat Hebat dan sejahtera salah satu langkah yang harus kita lakukan adalah meningkatkan perekonomian yang berorientasi pada agribisnis.

“Ketika perekonomian meningkat maka insyaallah masyarakat akan sejahtera. Masyarakat khususnya petani patutnya turut dalam mewujudkan ketahanan pangan karena ketahanan pangan adalah tujuan utama pembangunan pertanian,” ujarnya.

Selain itu Kata Parosil, upaya peningkatan produksi pangan ini juga patutlah diikuti dengan upaya-upaya menjaga kelestarian sumber daya lahan dan air, serta kesuburan tanah.

Oleh sebab itu Ia mengajak semua, khususnya para petani untuk menjaga sumber daya lahan sawah produktif agar tidak terjadi alih fungsi lahan dan menjaga fasilitas irigasi yang tersedia secara bergotong- royong serta melestarikan dan menjaga sumber-sumber air dengan menanam pohon penghijauan agar tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan banjir pada musim hujan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Yedi Ruhyadi, SP dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untu penyebarluasan informasi tekonologi tanam pangan padi, kemudian menginventarisasi aspirasi seluruh petani dalam peningkatan tanaman pangan khususnya padi.

Tidak ada komentar