Header Ads

kodim 0422 lampung barat

SD Kartika II-11 Yayasan Kartika Jaya Kordinator XLIV Kodim 0422 REM 043 PD II/Sriwijaya Laksanakan Kegiatan Zero Sampah di Sekolah





Kegiatan Zero Sampah yang di laksanakan di sekolah pada tanggal 21 Februari  2019 adalah untuk mengurangi permasalahan utama pada sampah sekaligus memperkenalakan kepada anak-anak SD Kartika tentang kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, kemudian di kumpulkan untuk di buang ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).




Menurut Ketua Yayasan Kartika Jaya Kordinator XLIV Kodim 0422 Ny. Jasmine Adri Nurcahyo menjelaskan bahwa kegitan “Zero Sampah” merupakan kegiatan dengan meminimalkan produk atau barang yang menimbulkan sampah organik dan non organik. Langkahnya adalah mengurangi sampah dan mengajarkan pada anak SD Kartika mulai dari memilih dan memilah jenis sampah.

Anak – anak SD juga diajak untuk bekerja bersama Guru serta Ibu  Ketua Yayasan dengan cara sambil bergembira membersihkan lingkungan di sekolahnya, untuk menanamkan jiwa bekerjasama, bergotong royong dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan apabila lingkungan kita bersih maka hati dan jiwa kita juga merasa bersih dan nyaman untuk melaksakan aktifitas belajar,  karena  kebersihan merupakan sebagian dari iman.



Ibu Ketua Yayasan Kartika Jaya Kordinator XLIV Kodim 0422 Ny. Jasmine Adri Nurcahyo juga menyampaikan, sampah ini bisa dipilah mana yang bisa didaur ulang dan mana yang tidak. sampah non organik ini bisa didaur karena jenisnya yang berwujud padat, juga yang bentuk organik dapat di manfaatkan sebagai pupuk, baik berupa zat organik maupun anorganik,  Sampah dapat terurai maupun tidak terurai dan seringkali dianggap tidak berguna lagi dan dibuang sehingga menciptakan timbunan sampah yang menjadi sarang bakteri dan penyakit seperti  tikus yang biasa hidup di rongga-rongga sampah, seperti di kaleng bekas, kardus, juga lalat berkembang biak pesat di sampah yang mengandung organik, seperti sisa makanan,  basah, lembab dan hangat cocok bagi habitat nyamuk. Karena sekolah merupakan salah satu aktivitas harian bagi anak anak yang memberikan kontribusi timbuan sampah dengan aktivitas di sekolah memberikan variasi komposisi sampah yang beragam.

Tidak ada komentar